Wednesday, December 25, 2013

Pemerintah minta CPNS hasil tes 2013 pro dunia usaha


CPNS 2014
harianrakyatbengkulu.com
Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Azwar Abubakar mengklaim para Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) hasil tes tahun ini sangat berkualitas.
Usai mengikuti acara nota kesepahaman antikorupsi di Kementerian Telekomunikasi dan Informatika, Jakarta, Senin (23/12), Azwar menceritakan seleksi kali ini sangat berat, baik dari tes Lembar Jawab Komputer (LJK), sampai wawancara psikolog. Hal ini belum pernah dilakukan pada penerimaan CPNS tahun-tahun sebelumnya.


Azwar percaya ketatnya persaingan akan menguntungkan semua pihak. Dia mengatakan CPNS yang lolos dan masuk ke pemerintahan memiliki standar tinggi karena berarti lolos tes kebangsaan, tes kepribadian, tes kemampuan. Kemudian, memiliki integritas umum, dan mempunyai semangat nasional.
Dengan deretan ujian tersebut, Azwar mengklaim para abdi negara hasil tes tahun ini lebih baik dibanding praktik rekrutmen sebelumnya. Total yang diterima dari jalur rekrutmen umum sebanyak 65.0000 orang.
"Dan kita harapkan mereka tidak berhenti meningkatkan kemampuan. Itu membuat perubahan memang 65 ribu ini kecil dibanding 4,5 juta. Kalau mereka menunjukkan lebih baik tentu akan memperoleh manfaat yang lebih besar," kata Azwar.
Karena proses seleksi sangat ketat, Azwar berharap PNS yang akan bertugas kelak memiliki kemampuan mumpuni, dan mampu menjalankan birokrasi lebih efisien. Terutama dalam mendukung perizinan usaha untuk mendukung perekonomian.
"Pelayan publik untuk meningkatkan dunia usaha, mau buat usaha dimudahkan jangan dipersulit. Memberi pelayanan kepada perusahaan-perusahaan menengah bahkan investor luar," tandasnya.
Tanpa ada dukungan aparat negara yang pro dunia bisnis, Azwar menilai kerugian pemerintah akan lebih besar di kemudian hari. Itu sebabnya, proses pendidikan sudah dibikin berat sejak seleksi masuk.
"Jika tidak ada investor maka dunia usaha tidak akan ada. Sebab, pemerintah sendirian tidak mampu untuk menyerap tenaga kerja," tandasnya.
Sesuai aturan baru, KemenPAN-RB menetapkan usia minimal pensiun PNS adalah 58 tahun, kemudian untuk eselon 1 dan eselon II, minimal 60 tahun.
Jika tidak ada perubahan rencana, besok, Selasa (24/12), panitia seleksi CPNS nasional akan mengumumkan hasil tes serentak, kecuali untuk Papua. Khusus Provinsi Papua, hasil tes diumumkan selepas libur Natal.
Bagi nama-nama yang diumumkan lolos tes besok, otomatis per 1 Januari 2014 resmi menjadi CPNS. Sedangkan untuk tenaga honorer, sekitar 30 persen yang akan diangkat menjadi CPNS, atau setara 218.0000 orang.source

No comments:

Post a Comment